Analisis validitas, reliabelitas, tingkat kesukaan, dan daya beda
Nama : Muhammad Wahyu Mustofa
Nim :
201333033
Kelas : 6A PGSD
1. Tujuan Tes
Tes
formatif : mengukur pencapaian SK 4
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase
|
4.1
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
riwayat hidup, dll.) dengan benar.
|
2.
Kisi-kisi
soal pilihan ganda
Nama
Sekolah : SD
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : KTSP
Kelas
: VI
Jumlah
soal : 10
Jenis
soal : Pilihan Ganda
Penulis
: Muhammad
Wahyu Mustofa
NO
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pembelajaran
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Ranah
|
Tingkat
|
No
soal
|
|
Mengisi
formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat
hidup, dll.) dengan benar.
|
Setelah kegiatan pembelajaran siswa Mampu Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar.
|
Pengertian formulir
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian formulir
|
PG
|
kognitif
|
C1
|
1
|
Kegunaan formulir
|
Siswa dapat memahami bagaimana kegunaan
formulir
|
PG
|
kognitif
|
C2
|
2
|
|||
Jenis jenis
formulir
|
Siswa dapat menjelaskan jenis jenis formulir
|
PG
|
kognitif
|
C3
|
3
|
|||
Tujuan formulir
|
Siswa dapa menjelaskan tujuan dari formulir
|
PG
|
kognitif
|
C4
|
4
|
|||
Sistematika penulisan formulir
|
Siswa dapat membandingkan sistematika formulir pendaftaran
dengan riwayat hidup
|
PG
|
kognitif
|
C5
|
5
|
|||
Formulir
pendaftaran kartu anggota
|
Siswa dapat memahami kegunaan formulir kartu anggota
|
PG
|
Kognitif
|
C2
|
6
|
|||
Formulir wesel pos
|
Siswa dapat
menjelaskan cirri cirri
formulir wesel pos
|
PG
|
Kognitif
|
C3
|
7
|
|||
Formulir riwayat hidup
|
Siswa dapat menunjukan perbedaan formulir
wesel pos dengan formulir lainya
|
PG
|
kognitif
|
C2
|
8
|
|||
Bagian bagian firmulir riwayat hidup
|
Siswa dapat mengetahui bagian bagian dari
formulir riwayat hidup
|
PG
|
kognitif
|
C1
|
9
|
|||
Bagian bagian formulir riwayat hidup.
|
Siswa dapat mengisi formulir riwayat hidup
|
PG
|
kognitif
|
C2
|
10
|
Nama :
|
Nomer :
|
Kelas :
|
A. Pilihan Ganda
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan memberi tanda (x) pada jawaban yang tepat!
1.
lembaran kartu atau kertas dengan ukuran
tertentu yang didalamnya terdapat data atau informasi yang bersifat teta,
dan juga terdapat bagian lain yang diisi dengan jawaban yang sesuai dengan
pertanyaan disebut….
a.
Formulir
b.
Lembar jawaban
c.
Amplop
d.
Surat
2.
Dibawah ini yang termasuk fungsi dari
formulir adalah….
a.
Menuliskan keterangan
b.
Memberikan informasi
c.
sebagai bukti
fisik
d.
sebagai bagian
dari laporan
3.
formulir yang berisikan mengenai data
diri sendiri disebut formulir….
a.
Formulir kartu pos
b.
Formulir data diri
c.
Formulir pendaftaran
d.
Formulir data
4.
Tujuan adanya formulir adalah….
a.
Untuk mengetahui kepentingan
b.
Mengetahui data diri seseorang
c.
Sebagai tanda pengenal
d.
Untuk mempermudah mengisi data sesuai
dengan keperluan
5.
Apakah yang membedakan pengisian
formulir daftar riwayat hidup dengan
formulirdata diri…
a.
Harus menyertakan foto
b.
Berisikan nama
c.
Berisikan alamat
d.
Isinya
6.
Fungsi dari mengisi formulir pendaftaran
kartu anggota adalah….
a.
Memberikan informasi diri
b.
Mempersingkat waktu pembuatan kartu
anggota
c.
Mempermudah dalam menisikan informasi
yang berhubungan dengan pendaftaran
d.
Memberikan data yang kurang falid
7.
Yang tidak termasuk cirri-ciri formulir
wesel pos adalah….
a.
Terdapat Logo
b.
Penguangan
c.
Tanda teima
d.
Tanggal lahir
8.
Perbedaan formulir weselpos dengan
formulirdata diri adalah….
a.
Terdapat kolom nama panjang
b.
Terdapat kolom jumlah uang
c.
Terdapat kolom tanggal lahir
d.
Terdapat kolom golongan darah
9.
Dibawah ini yang termasuk bagian dari
formulir riwayat hidup, kecuali….
a.
Logo
b.
Golongan darah
c.
Nama lengkap
d.
Nama panggilan
10. Dalam
pengisian formulir riwayat hidup apa yangperlu diperhatikan….
a.
Mengisi data dengan sebenarnya
b.
Menuliskan nama asala-salan
c.
Mengosongkan kolom tanggal lahir
d.
Meminta bantuan teman untuk mengisikan
Kunci jawaban
1.
A
2.
C
3.
B
4.
D
5.
D
6.
C
7.
B
8.
B
9.
A
10. A
Analisis
soal pilihan ganda
1.
Data
diri siswa
No
|
Nama
|
Kelas
|
Sekolah
|
Kode
|
1
|
Riska julya ningrum
|
VII
|
SMP N 1 TAMBAKROMO
|
AA
|
2
|
Nor maulida
|
VI
|
SDN KEBEN
|
AB
|
3
|
Eli setyo wati
|
VI
|
SDN KEBEN
|
AC
|
4
|
Dimas bagus
|
VI
|
SDN KEBEN
|
AD
|
5
|
Naila beby clarisa
|
VI
|
MI MANBAUL FALAH
|
AE
|
2.
Skor
Siswa
No
|
Kode siswa
|
Item Soal (X) Pilihan Ganda
|
|
|
|
|
Y
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
AA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
2
|
AB
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
3
|
AC
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
4
|
AD
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
6
|
5
|
AF
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
∑X
|
3
|
4
|
2
|
2
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
32
|
3.
Analisis
validitas, reliabelitas, tingkat kesukaan, dan daya beda
a. Validitas
|
(koefisien korelasi
biserial)
|
|
|
|
|
||||||
VALIDITAS
|
∑Xiy
|
20
|
29
|
12
|
15
|
23
|
17
|
29
|
29
|
29
|
29
|
Mp
|
6.667
|
7.250
|
6.000
|
7.500
|
5.750
|
8.500
|
7.250
|
9.667
|
7.250
|
7.250
|
|
Mt
|
3.200
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
St
|
2.302
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pi
|
0.300
|
0.400
|
0.200
|
0.200
|
0.400
|
0.200
|
0.400
|
0.300
|
0.400
|
0.400
|
|
qi
|
0.700
|
0.600
|
0.800
|
0.800
|
0.600
|
0.800
|
0.600
|
0.700
|
0.600
|
0.600
|
|
akar (pi/qi)
|
0.655
|
0.816
|
0.500
|
0.500
|
0.816
|
0.500
|
0.816
|
0.655
|
0.816
|
0.816
|
|
(Mp-Mt)/St
|
1.506
|
1.759
|
1.216
|
1.868
|
1.108
|
2.302
|
1.759
|
2.809
|
1.759
|
1.759
|
|
r
|
0.986
|
1.436
|
0.608
|
0.934
|
0.904
|
1.151
|
1.436
|
1.839
|
1.436
|
1.436
|
|
r(5;0,05)
|
0.878
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Valid
|
valid
|
tdk
valid
|
Valid
|
Valid
|
Valid
|
Valid
|
Valid
|
valid
|
valid
|
Keterangan
:
Dari
uji hasil validitas 10 soal yang diujikan terhadap 5 orang siswa mendapatkan
hasil dengan r table sebesar 0,878. Adapaun soal yang valid adalah sebagi
berikut:
1.
Soal nomor 1 dengan r hitung 0,989 maka
soal nomor 1 dikatakan VALID
2.
Soal nomor 2 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 2
dikatakan VALID
3.
Soal nomor 3 dengan r hitung 0.608
maka soal nomor 3 dikatakan TIDAK VALID
4.
Soal nomor 4 dengan r hitung 0.934
maka soal nomor 4 dikatakan VALID
5.
Soal nomor 5 dengan r hitung 0.904
maka soal nomor 5 dikatakan VALID
6.
Soal nomor 6 dengan r hitung 1.151
maka soal nomor 6 dikatakan VALID
7.
Soal nomor 7 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 7
dikatakan VALID
8.
Soal nomor 8 dengan r hitung 1.839
maka soal nomor 8 dikatakan VALID
9.
Soal nomor 9 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 9
dikatakan VALID
10. Soal
nomor 10 dengan r hitung 1,436 maka soal
nomor 10 dikatakan VALID
Jadi
dari 10 soal yang telah diujikan mendapatkan hasil 9 soalyang valid.
b. Reliabelitas
|
PILIHAN GANDA
|
(KR-20)
|
|||||||||
RELIABILITAS
|
pi
|
0.300
|
0.400
|
|
0.200
|
0.400
|
0.200
|
0.400
|
0.300
|
0.400
|
0.400
|
qi
|
0.700
|
0.600
|
|
0.800
|
0.600
|
0.800
|
0.600
|
0.700
|
0.600
|
0.600
|
|
s
|
5.300
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
p.q
|
0.210
|
0.240
|
|
0.160
|
0.240
|
0.160
|
0.240
|
0.210
|
0.240
|
0.240
|
|
∑p.q
|
1.940
|
||||||||||
r
|
0.704
|
||||||||||
r(9;0,05)
|
0.666
|
||||||||||
Keterangan
|
Reliabel
|
Keterangan
:
Soalyang
telah di ujikan validitasnya kemudian di uji reliabelitas. Dari 9 soal yang
telah valid didapatkan nilai r hitung sebesar 0.704 dan r table 0,666.
Kesimpulanya data tersebut dapat dikatakan RELIABEL dikarnakan r Hitung lebih
besar daripada r Tabel.
c.
Tingkat
Kesukaran
|
PG
|
||||||||||
TINGKAT KESUKARAN
|
∑B
|
3
|
4
|
2
|
2
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
N
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
|
P
|
0.600
|
0.800
|
0.400
|
0.400
|
0.800
|
0.400
|
0.800
|
0.600
|
0.800
|
0.800
|
|
Keterangan
|
Sedang
|
Mudah
|
Sedang
|
Sedang
|
Mudah
|
Sedang
|
Mudah
|
Sedang
|
Mudah
|
Mudah
|
|
kriteria soal
|
dibuang
|
dibuang
|
dibuang
|
dibuang
|
dibuang
|
dipakai
|
dibuang
|
dipakai
|
dibuang
|
dibuang
|
Keterangan
;
Tingkat
kesukaran merupakan pengukuran seberapa sukar soal yang telah dibuat, dari
table dia atas terdapat 3 tingkat kesukaran yaitu mudah, sedang dan sukar. Dan
kriteria soal terdapat dua kriteria yaitu dibuang dan diterima. Adapun penjelasanya
sebagai berikut:
1.
Soal nomor 1 dikatakan sedang dan
dibuang
2.
Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
3.
Soal nomor 1 dikatakan sedang dan
dibuang
4.
Soal nomor 1 dikatakan sedang dan
dibuang
5.
Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
6.
Soal nomor 1 dikatakan sedang dan
diterima
7.
Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
8.
Soal nomor 1 dikatakan sedang dan
diterima
9.
Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
10. Soal
nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
d.
Daya beda
|
PILIHAN GANDA
|
|
(5/2=2,5=2)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAYA BEDA
|
WL
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
WH
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
DP
|
0.11111
|
0.11111
|
0.11111
|
0
|
-0.1111
|
0.22222
|
0.11111
|
0.22222
|
0.11111
|
0.11111
|
|
Keterangan
|
Jelek
|
Jelek
|
jelek
|
jelek
|
jelek
|
baik
|
jelek
|
baik
|
jelek
|
jelek
|
Keterangan
Untuk mengetahui daya
beda dapat dilihat dari tabel daya beda, 10 soal yang telah diujikan memiliki
daya beda yang berbeda yaitu baik dan jelek.
semoga bermanfaat kawan ...................... hehehe
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Entri Populer
-
MAKALAH WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK DI INDONESIA Makalah Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Konsep PKn DOSE...
-
Sub Tema 1 : KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2 1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman agam...
-
MAKALAH EKONOMI DALAM ISLAM DiajukanSebagaiPelengkapNilaiTugas Semester I Mata Kuliah Agama DosenPengampu :UlinNuha ,M.Ag. ...
-
HAKIKAT DAN KONSEP PENDIDIKAN DARI PENDEKATAN REDUKSIONISME DAN HOLISTIK INTEGRATIF A. Era Reformasi Masyarakat Indonesia kin...
-
KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Esa,yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga saya dapat me...
-
belajar menjadi suatu kebutuhan dan kebiasaaan dikalangan pelajar saat ini banyak dijumpai berbagai masalah mengenai pendidikan, ...
-
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: ANEKA PERISTIWA Standar kompetensi Kompeten...
0 komentar:
Posting Komentar