Analisis validitas, reliabelitas, tingkat kesukaan, dan daya beda

Nama              : Muhammad Wahyu Mustofa
Nim                 : 201333033
Kelas               : 6A PGSD

1.      Tujuan Tes
Tes formatif : mengukur pencapaian  SK 4 Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase


4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar.

2.      Kisi-kisi soal pilihan ganda
Nama Sekolah             : SD
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kurikulum                   : KTSP
Kelas                           : VI
Jumlah soal                  : 10
Jenis soal                     : Pilihan Ganda
Penulis                         : Muhammad Wahyu  Mustofa


NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Ranah
Tingkat
No soal

Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar.
Setelah kegiatan pembelajaran siswa Mampu   Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar.
Pengertian formulir
Siswa dapat menyebutkan pengertian formulir
PG
kognitif
C1
1
Kegunaan formulir
Siswa dapat memahami bagaimana kegunaan formulir
PG
kognitif
C2
2
Jenis jenis formulir
Siswa dapat menjelaskan  jenis jenis formulir
PG
kognitif
C3
3
Tujuan formulir
Siswa dapa menjelaskan  tujuan dari formulir
PG
kognitif
C4
4
Sistematika penulisan formulir
Siswa dapat membandingkan  sistematika formulir pendaftaran dengan  riwayat hidup
PG
kognitif
C5
 5
Formulir pendaftaran kartu anggota
Siswa dapat memahami  kegunaan formulir kartu anggota
PG
Kognitif
C2
6
Formulir wesel pos
Siswa dapat menjelaskan cirri cirri formulir wesel pos
PG
Kognitif
C3
 7
Formulir riwayat hidup
Siswa dapat menunjukan perbedaan formulir wesel pos dengan formulir lainya
PG
kognitif
C2
 8
Bagian bagian firmulir riwayat hidup
Siswa dapat mengetahui bagian bagian dari formulir riwayat hidup
PG
kognitif
C1
9
Bagian bagian formulir riwayat hidup.
Siswa dapat mengisi formulir riwayat hidup
PG
kognitif
C2
 10

Nama        :
Nomer      :
Kelas        :

 


A.    Pilihan Ganda
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memberi tanda (x) pada jawaban yang tepat!
1.      lembaran kartu atau kertas dengan ukuran tertentu yang didalamnya terdapat data atau informasi yang bersifat teta,  dan juga terdapat bagian lain yang diisi dengan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan disebut….
a.       Formulir
b.      Lembar jawaban
c.       Amplop
d.      Surat
2.      Dibawah ini yang termasuk fungsi dari formulir adalah….
a.       Menuliskan keterangan
b.      Memberikan informasi
c.       sebagai bukti fisik
d.      sebagai bagian dari laporan
3.      formulir yang berisikan mengenai data diri sendiri disebut formulir….
a.       Formulir kartu pos
b.      Formulir data diri
c.       Formulir pendaftaran
d.      Formulir data
4.      Tujuan adanya formulir adalah….
a.       Untuk mengetahui kepentingan
b.      Mengetahui data diri seseorang
c.       Sebagai tanda pengenal
d.      Untuk mempermudah mengisi data sesuai dengan keperluan
5.      Apakah yang membedakan pengisian formulir daftar riwayat  hidup dengan formulirdata diri…
a.       Harus menyertakan foto
b.      Berisikan nama
c.       Berisikan alamat
d.      Isinya
6.      Fungsi dari mengisi formulir pendaftaran kartu anggota adalah….
a.       Memberikan informasi diri
b.      Mempersingkat waktu pembuatan kartu anggota
c.       Mempermudah dalam menisikan informasi yang berhubungan dengan pendaftaran
d.      Memberikan data yang kurang falid
7.      Yang tidak termasuk cirri-ciri formulir wesel pos adalah….
a.       Terdapat Logo
b.      Penguangan
c.       Tanda teima
d.      Tanggal lahir
8.      Perbedaan formulir weselpos dengan formulirdata diri adalah….
a.       Terdapat kolom nama panjang
b.      Terdapat kolom jumlah uang
c.       Terdapat kolom tanggal lahir
d.      Terdapat kolom golongan darah
9.      Dibawah ini yang termasuk bagian dari formulir riwayat hidup, kecuali….
a.       Logo
b.      Golongan darah
c.       Nama lengkap
d.      Nama panggilan
10.  Dalam pengisian formulir riwayat hidup apa yangperlu diperhatikan….
a.       Mengisi data dengan sebenarnya
b.      Menuliskan nama asala-salan
c.       Mengosongkan kolom tanggal lahir
d.      Meminta bantuan teman untuk mengisikan






Kunci jawaban
1.      A
2.      C
3.      B
4.      D
5.      D
6.      C
7.      B
8.      B
9.      A
10.  A















Analisis soal pilihan ganda
1.      Data diri siswa
No
Nama
Kelas
Sekolah
Kode
1
Riska julya ningrum
VII
SMP N 1 TAMBAKROMO
AA
2
Nor maulida
VI
SDN KEBEN
AB
3
Eli setyo wati
VI
SDN KEBEN
AC
4
Dimas bagus
VI
SDN KEBEN
AD
5
Naila beby clarisa
VI
MI MANBAUL FALAH
AE

2.      Skor Siswa
No
Kode siswa
                         Item Soal (X) Pilihan Ganda




Y
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
AA
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
9
2
AB
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
8
3
AC
0
1
0
0
1
0
1
1
1
1
6
4
AD
0
1
0
1
1
0
1
0
1
1
6
5
AF
1
0
1
0
1
0
0
0
0
0
3
∑X
3
4
2
2
4
2
4
3
4
4
32

3.      Analisis validitas, reliabelitas, tingkat kesukaan, dan daya beda
a.      Validitas



(koefisien korelasi biserial)





VALIDITAS
∑Xiy
20
29
12
15
23
17
29
29
29
29
Mp
6.667
7.250
6.000
7.500
5.750
8.500
7.250
9.667
7.250
7.250
Mt
3.200









St
2.302









pi
0.300
0.400
0.200
0.200
0.400
0.200
0.400
0.300
0.400
0.400
qi
0.700
0.600
0.800
0.800
0.600
0.800
0.600
0.700
0.600
0.600
akar (pi/qi)
0.655
0.816
0.500
0.500
0.816
0.500
0.816
0.655
0.816
0.816
(Mp-Mt)/St
1.506
1.759
1.216
1.868
1.108
2.302
1.759
2.809
1.759
1.759
r
0.986
1.436
0.608
0.934
0.904
1.151
1.436
1.839
1.436
1.436
r(5;0,05)
0.878









Keterangan
Valid
valid
tdk valid
Valid
Valid
Valid
Valid
Valid
valid
valid

Keterangan :
Dari uji hasil validitas 10 soal yang diujikan terhadap 5 orang siswa mendapatkan hasil dengan r table sebesar 0,878. Adapaun soal yang valid adalah sebagi berikut:
1.      Soal nomor 1 dengan r hitung 0,989 maka soal nomor 1 dikatakan VALID
2.      Soal nomor  2 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 2 dikatakan VALID
3.      Soal nomor  3 dengan r hitung 0.608 maka soal nomor 3 dikatakan TIDAK VALID
4.      Soal nomor  4 dengan r hitung 0.934 maka soal nomor 4 dikatakan VALID
5.      Soal nomor  5 dengan r hitung 0.904 maka soal nomor 5 dikatakan VALID
6.      Soal nomor  6 dengan r hitung 1.151 maka soal nomor 6 dikatakan VALID
7.      Soal nomor  7 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 7 dikatakan VALID
8.      Soal nomor  8 dengan r hitung 1.839 maka soal nomor 8 dikatakan VALID
9.      Soal nomor  9 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 9 dikatakan VALID
10.  Soal nomor  10 dengan r hitung 1,436 maka soal nomor 10 dikatakan VALID
Jadi dari 10 soal yang telah diujikan mendapatkan hasil 9 soalyang valid.
b.      Reliabelitas

PILIHAN GANDA
 (KR-20)


RELIABILITAS
pi
0.300
0.400

0.200
0.400
0.200
0.400
0.300
0.400
0.400
qi
0.700
0.600

0.800
0.600
0.800
0.600
0.700
0.600
0.600
s
5.300







p.q
0.210
0.240

0.160
0.240
0.160
0.240
0.210
0.240
0.240
∑p.q
1.940
r
0.704
r(9;0,05)
0.666
Keterangan
Reliabel

Keterangan :
Soalyang telah di ujikan validitasnya kemudian di uji reliabelitas. Dari 9 soal yang telah valid didapatkan nilai r hitung sebesar 0.704 dan r table 0,666. Kesimpulanya data tersebut dapat dikatakan RELIABEL dikarnakan r Hitung lebih besar daripada r Tabel.


c.       Tingkat Kesukaran

PG

TINGKAT KESUKARAN
∑B
3
4
2
2
4
2
4
3
4
4
N
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
P
0.600
0.800
0.400
0.400
0.800
0.400
0.800
0.600
0.800
0.800
Keterangan
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Mudah
kriteria soal
dibuang
dibuang
dibuang
dibuang
dibuang
dipakai
dibuang
dipakai
dibuang
dibuang

Keterangan ;
Tingkat kesukaran merupakan pengukuran seberapa sukar soal yang telah dibuat, dari table dia atas terdapat 3 tingkat kesukaran yaitu mudah, sedang dan sukar. Dan kriteria soal terdapat dua kriteria yaitu dibuang dan diterima. Adapun penjelasanya sebagai berikut:

1.      Soal nomor 1 dikatakan sedang dan dibuang                  
2.      Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
3.      Soal nomor 1 dikatakan sedang dan dibuang
4.      Soal nomor 1 dikatakan sedang dan dibuang
5.      Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
6.      Soal nomor 1 dikatakan sedang dan diterima
7.      Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
8.      Soal nomor 1 dikatakan sedang dan diterima
9.      Soal nomor 1 dikatakan mudah dan dibuang
10.  Soal nomor 1 dikatakan  mudah dan dibuang





d.      Daya beda

PILIHAN GANDA

(5/2=2,5=2)








DAYA BEDA
WL
1
1
1
1
0
2
1
2
1
1
WH
0
0
0
1
1
0
0
0
0
0
DP
0.11111
0.11111
0.11111
0
-0.1111
0.22222
0.11111
0.22222
0.11111
0.11111
Keterangan
Jelek
Jelek
jelek
jelek
jelek
baik
jelek
baik
jelek
jelek







Keterangan

Untuk mengetahui daya beda dapat dilihat dari tabel daya beda, 10 soal yang telah diujikan memiliki daya beda yang berbeda yaitu baik dan jelek.


 semoga bermanfaat kawan ...................... hehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Cari Blog Ini